Selasa, 16 Februari 2010

LAPORAN DARI SISWA

BERIKUT INI LAPORAN KUNJUNGAN SISWA KE ATB YANG DIKIRIM MELALUI EMAIL:

LAPORAN KEGIATAN KUNJUNGAN KE P.T . ATB BATAM

Oleh

Ilyas Kiki Handaka

1. Pendahuluan

Kebutuhan akan air bersih di kota Batam untuk air minum, memasak , mencuci dan sebagainya harus diperhatikan, cara penjernihan air perlu diketahui karena semakin banyak sumber air yang tercemar oleh limbah rumah tangga maupun limbah industi, maka cara penjernihan air perlu diketahui untuk mengetahui kualitas air yang kita gunakan sehari hari.

2. Uraian singkat

Siswa SDN 007 Sekupang diberi kesempatan untuk mengetahui system penjernihan air di P.T.Adhya Tirta Batam.

a. Kami semua siswa dan siswi kelas 3C SDN 007 Sekupang berangkat dengan menggunakan kendaraan minibus menuju ke lokasi PT Adhya Tirta Batam (ATB) pada pukul 08.00.

b. Sampai di lokasi kami langsung diantar oleh petugas ATB dan langsung diuraikan bagaimana cara proses penjernihan air minum. Adapun proses penjernihan air minum PT ATB adalah sebagai berikut:

1. Di Batam kebanyakan sumber air baku yang akan diolah berasal dari penampungan air yang berupa waduk, ada beberapa waduk atau dam yang ada di Batam yaitu, dam Sungai Ladi, dam muka Kuning , dam Duriangkang, dam Sekupang, dam Nongsa dan dam Tanjung Piayu, yang saat air yang kita gunakan berasal dari dam Sei Ladi.

2. Air baku yang berasal dari waduk atau dam dialirkan atau dipompa ke bak penampungan yang pertama, yang sebelumnya pada pintu masuk diberi saringan untuk menyaring kotoran yang masuk.

3. Setelah bak penampungan atau pengendapan yang pertama kemudian air dialirkan menuju ke bak atau tempat penampungan air yang kedua yang telah dipasangi alat untuk menyaring atau memisahkan kotoran dan mengurangi bau.

4. Kemudian dari bak penampungan yang kedua air dialirkan menuju keproses penjernihan secara kimiawi atau air baku diproses secara kimia dengan cara diberi obat untuk mengendapkan kotoran-kotoran yang halus dan mematikan kuman-kuman penyakit.

5. Air yang telah mengalami proses penjernihan kemudian dipompa kerumah-rumah, kantor dan lain-lain, menjadi air yang layak untuk dikonsumsi.

3. Saran

1. Sebaiknya air yang telah mengalami proses penjernihan bisa langsung diminum tanpa perlu dimasak terlebih dahulu.

2. Waktu untuk study tour hendaknya diperpanjang sehingga pengamatan dan ilmu yang diperoleh lebih banyak.


Nama:Wan Agha Z.

Kelas:3.C

Tema: Kunjungan Studi Tour ke PT. ATB

PT. Adhya Tirta Batam suatu perusahaan pengolahan air minum untuk seluruh masyarakat Batam. Instalasi tempat pengolahan yang dimiliki PT. ATB ada 7 (tujuh) yaitu waduk Sei. Harapan, waduk Sei. Ladi, waduk Bukit Senyum, waduk Muka Kuning, waduk Duri Angkang, waduk Nongsa dan waduk Baloi, waduk Tanjung Piayu.

Adapun waduk yang menjadi kunjungan kami kelas III-C adalah waduk Muka Kuning. Sesampai kami disana kami disambut oleh pihak PT. ATB dengan sangat ramah sekali sambil menunjukkan dan menjelaskan tempat serta proses air waduk sehingga menjadi air siap dikonsumsi oleh masyarakat Batam.

Air waduk yang berasal dari air hujan yang tadinya banyak lumpur, warnanya kuning, berbau dan airnya kotor diproses sehingga menjadi tidak ada lumpur sehingga menjadi jernih dan layak komsusi melalui beberapa proses sebagai berikut :

  1. Mengalirkan air dari waduk ke tangki penyaringan pertama yang ada didarat yaitu penyaringan lumpur dan kotoran.
  2. Setelah penyaringan lumpur, maka air masuk ketangki berikutnya yaitu penjernihan air dan sisa-sisa lumut air.
  3. Proses berikutnya adalah penyaluran air yang sudah jernih tadi ke proses pemberian obat-obatan agar yang tadinya bau lumpur atau bau busuk menjadi sedikit bau kaporit.
  4. Diproses pemberian obat-obatan ini pihak ATB sangat hati-hati karena menyangkut hajat orang banyak biar tidak terjadi kelebihan obat ataupun kekurangan obat.
  5. Setelah proses obat-obatan selesai maka air masuk ketangki penampungan yang siap dialirkan ke masyarakat Batam.

Demikianlah hasil kunjungan studi tur kami ke PT. ATB Batam. Dari hasil studi ini semoga kita bersama mengetahui bahwa air yang kita gunakan sehari-hari adalah air yang telah siap kita pakai atau konsumsi, sehingga kewajiban kita bersama untuk menjaga kesediaan air di Batam yaitu dengan berhemat dalam hal penggunaan air.

Salam, Wan Ahga




Tidak ada komentar: